BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Liga atau
kompetisi sepakbola nasional Indonesia
dapat dikatakan sebagai olahraga “mahal”. Tim-tim dalam Liga atau kompetisi sepakbola
nasional Indonesia
pada umumnya membutuhkan biaya yang besar dalam pengadaan, pengelolaan dan
perawatan sarana dan prasarana yang terkait dengan tim tersebut. Selayaknya
suatu instansi olahraga yang membutuhkan dana, masing-masing tim dari RRI
tersebut harus dapat mengatur strategi untuk menyeleksi dan menentukan sponsorship,
untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dari sponsor yang tersedia. sponsorship
yang telah terpilih untuk bekerjasama dengan tim berhak untuk ditampilkan
brand atau icon sponsor tersebut
pada iklan liga super siaran langsung Persib, dimana iklan radio tersebut memiliki
ruang kosong untuk diisi dengan brand sponsor. Sponsor adalah dari bidang usaha
dan mempunyai tawaran keuntungan.
Dalam dunia
bisnis, setiap petarung bisnis pasti mengorientasikan bisnisnya untuk
mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dengan pengorbanan seminimal mungkin.
Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin adalah dengan
melakukan optimasi dalam pemilihan sponsorship
Periklanan juga
adalah sebuah tahapan dalam mekanisme pemasaran, yang artinya periklanan dapat
mengurusi sebuah produk ataupun jasa mulai dari branding, pengemasan, dan
pendistribusian. Tanpa periklanan berbagai produk atau jasa tidak akan dapat
mengalir secara lancer kepada distributor atau penjual, apalagi ke tangan
konsumen. Dan badan yang mengelola mekanisme tersebut atau badan jasanya adalah
sebuah biro iklan.
Djarum
Super adalah produk yang tidak baru lagi yang dikeluarkan oleh PT. Djarum.
Kategori produk ini adalah rokok kretek filter. Djarum Super dibuat dari paduan
tembakau terbaik Jawa dan Madura, serta cengkeh berkualitas nomor wahid. Untuk
menghasilkan rokok terbaik, Djarum memproses cengkeh dengan teknologi tinggi
menjadi super fine clove. Artinya, cengkeh dirajang sedemikian rupa sampai
sangat halus, sehingga memaksimalkan kenikmatan merokok. Di luar semua
teknologi yang dipakai, para ahli menjamin kualitas rasa kretek filter yang
sesungguhnya. Bermaksud mengingatkan (reminder
advertising) kepada konsumen, dan merupakan produk yang sudah memasuki
kedewasaan. Selain itu juga karena terciptanya tahap persaingan, untuk
membangun preferensi pada merk tertentu atau merk lain.
Hampir sama penting dengan pembuatan rokok, Djarum Super
mengemas bukanlah sekadar kemasan. Seperti pakaian yang tidak hanya berfungsi
melindungi tubuh Anda, Djarum Super sangat menyadari arti penting desain sebuah
kemasan. Dominasi merah dan hitam pada bungkus Djarum Super merepresentasikan
karakteristik maskulinitas dan sporty pada diri konsumen.
Dengan
maraknya dengan produk sejenis, baik itu competitor yang sifatnya langsung atau
tidak lansung, membuat konsumen kurang selektif dalam memilih produk
konsumsinya. Djarum Super tergolong
pemain besar dalam industri rokok. Sebagai produk yang
lumayan sudah cukup lama Djarum Super akan tetap mempertahankan dalam
persaingannya dengan kegiatan beriklan
yang maksimal baik itu iklan above the
line maupun below the line. Selain
itu juga , untuk mendapatkan perhatian konsumen dari iklan-iklan competitor
produk yang sama. Tetap dibutuhkan sebuah konsep komunikasi pemasaran/iklan
yang kreatif, berbeda dan orisinil. Sehingga dapat timbil brand awareness. Yang
positif pada konsumen dan sekaligus membantu meningkatkan jumlah penjualan dari
produk.
Radio merupakan salah satu media komunikasi massa yang memegang peran penting. Radio
menyampaikan pesan yang cepat dan akurat. Selain itu, radio bersifat personal
sehingga setiap pesan dapat dimaknai secara unik, pribadi, customized. Dunia radio sendiri begitu dinamis. Walaupun banyak
pihal yang sempat meramalkan ‘matinya radio’ karena tergantinya oleh televise,
dalm perkembangannya radio membuktikan sendiri telah berhasil bertahan. Radio
bahkan terus eksis, bertransformasi menjadi media yang semakin personal. Dan
ini membuktikan kekuatan radio untuk mengikat khalayak dengan sentuhan
emosional.
Dalam situasi hidup kita media tidak hanya satu-dua buah,
tapi ribuan jumlahnya. Dapat dikatakan, kita ini ‘dikepung’ media. Terdapat
jenis media yang berbeda-beda untuk setiap indra yang dimiliki oleh setiap
manusia. Radio adalah media yang menyampaika pesan yang menggunakan sarana audio
yang melayani indra pendengar (telinga).
Salah satu keunikan dan
kekuatan beriklan di radio adalah kemungkinan untuk melakukan pemutaran iklan
sesering mungkin, sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa lebih cepat
diserap oleh pendengar. Efek samping yang bisa ditimbulkan, adalah pendengar
menjadi cepat bosan mendengarkan iklan yang itu-itu melulu. Karena biaya
produksi sebuah iklan radio sangat rendah apalagi jika dibandingkan dengan
biaya produksi iklan untuk televisi dan media cetak, tidak ada ruginya jika
iklan radio yang frekuensi pemutarannya cukup tinggi atau periode penyiarannya
cukup lama.
Radio RRI merupakan salah
satu media komunikasi massa
yang memegang peran dalam kegiatan Layanan dan Usaha. Kegiatan usaha di RRI
adalah segala efektifitas untuk memperoleh pandapatan yang sah dengan prinsip
saling menguntungkan. Selain itu, radio bersifat personal sehingga setiap pesan
dapat dimaknai secara unik, pribadi, customized.
Dunia radio sendiri begitu dinamis.
Walaupun banyak pihal
yang sempat meramalkan ‘matinya radio’ karena tergantinya oleh televisi, dalm
perkembangannya radio membuktikan sendiri telah berhasil bertahan. Radio bahkan
terus eksis, bertransformasi menjadi media yang semakin personal. Dan ini
membuktikan kekuatan radio untuk mengikat khalayak dengan sentuhan emosional.
Untuk mempertahankan
hasil dari kegiatan promosi atau beriklan yang optimal Djarum Super tetap
membutuhkan konsep pemasaran yang berkesinambungan, mulai dari banyaknya media
yang dipakai berkomunikasi, sampai dengan hubungan masyarakat untuk
menorganisasi acara.
Sebuah biro iklan
berperan mempertemukan kepentingan pengiklan dengan media. Peranan biro iklan
sebenarnya adalah membeli waktu atau ruang suatu media. Dengan demikian, suatu
biro iklan berhubungan dengan pengiklan di satu pihak, dan satu atau beberapa
media di pihak lain (Rhenald Kasali,2007 : 24).
Letak RRI dalam periklanan adalah sebagai stasiun yang berperan
sebagai layanan dan usaha dan dan dapat dikatakan sebagai biro iklan dalam
pengembangan usaha (business Development)
siaran radio. Yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya tarik dan hasil usaha di
bidang siaran sekaligus meningkatkan kerja sama dengan beberapa pihak.
Sehubungan
dengan proposal kerja sama yang telah diajukan LPP RRI Bandung kepada Djarum
Super dalam hal kerjasama telah diadakan breafing oleh Departemen Kreatif bahwa
iklan ini akan menghasilkan benefit antara lain : Pertama,brand image pemasang
iklan dikalangan pelaku bisnis akan meningkat, sehingga dapat mengambil keputusan
bisnis di Jawa Barat. Kedua, membangun citra positif bagi pemasang iklan.
Ketiga, akan lebih mendekatkan bagi pemasang iklan dengan pendengar atau
masyarakat lebih khususnya bobotoh bola RRI Bandung. Dan yang keempat akan
memberi tahap kelanjutan yang akan memberikan kontribusi positif yang besar
bagi pemasang iklan. Hal itu telah dipertimbangkan dengan produk Djarum Super
sesuai dengan kemasan dominasi merah dan hitam pada bungkus Djarum Super
merepresentasikan karakteristik maskulinitas dan sporty pada diri konsumen yang
cocok penempatannya untuk disiarkan sebagai sponsor pada acara Liga Super.
Mekanisme kerja di departemen kreatif berawal dari marketing brief yang diajukan oleh client service / account executive yang
sekaligus memberikan data, informasi atau riset tentang produk dari klien yang
akan diiklankan, akan tetapi terkadang departemen kreatifpun melakukan riset
sederhana. Untuk mendapatkan hasil yang akurat agar iklan yang dibuat nanti
benar-benar dapat tepat sasaran. Lalu diadakan sebuah meeting team untuk membahas lalu memahami maksud isi dari creative brief tersebut, dan sampai pada tahapan brainstorming untuk mengambil sebuah
konsep dasar ide untuk iklannya (root).
Setelah itu lewat pendistribusian kerja pada departemen kreatif dicarikanlah
sebuah konsep audio oleh Art Director
dan kata atau bahasa pesan oleh copywriter,
yang berdasarkan roots sebelumnya,
sampai tahapan persetujuan dari Art
Director lalu dibawa sebagai bahan untuk materi persentasi pada saat evaluasi
dengan klien.
Berdasarkan pemaparan diatas, serta pengalaman didapat selama
PKL sebagai Junior Copywriter, saya
tertarik untuk menganalisa bagaimana departemen kreatif dalam memproduksi iklan
bekerja. Proses penggarapan mulai dari pra hingga pasca produksi sebuah iklan
di LPP RRI Bandung.
Oleh karena itu saya mengambil judul untuk Laporan Tugas Akhir saya adalah “Pembuatan
Iklan Promo Djarum Super Versi “ Siaran Langsung Pertandingan Persib di RRI Bandung”.
1.2
Tujuan
Studi
Berikut
ini merupakan tujuan studi yang di lakukan adalah sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui tahap
pra produksi Kreatif Pembuatan Iklan Promo Djarum Super Versi “ Siaran Langsung
Pertandingan Persib di RRI Bandung.;
2.
Untuk
mengetahui tahap produksi Kreatif Pembuatan Iklan
Promo Djarum Super Versi “ Siaran Langsung Pertandingan Persib di RRI Bandung.
3.
Untuk
mengetahui tahap pasca produksi Kreatif Pembuatan Iklan
Promo Djarum Super Versi “ Siaran Langsung Pertandingan Persib di RRI Bandung.
1.3
Kegunaan
Pengamatan
1.3.1
Secara Teoritis
Secara teoritis
hasil dari praktek lapangan di harapkan dapat berguna bagi penulis pada
khususnya dan bagi pembaca pada umumnya sebagai pengetahuan.
1.3.2
Secara praktis
Secara praktis
diharapkan bias memberikan bahan pertimbangan, pengembangan serta evaluasi mekanisme kreatif pembuatan iklan promo Iklan Djarum
Super Versi “Siaran Langsung Persib”. Serta
memberikan wawasan bagi pembaca.
1.4 Metode pendekatan dan teknik pengumpulan
data
Berikut ini
adalah metoda-metoda dan teknik pengumpulan data
1.
Metode
Pendekatan, Metode yang digunakan adalah metode
deskriptif yaitu metode yang menitik beratkan kepada observasi dan suasana
ilmiah ( naturalis setting ). Peneliti bertindak sebagai pengamat, mengamati
gejala yang ada pada proses Produksi Iklan Djarum Super versi “Siaran Langsung
Persib”.
2.
Teknik
Observasi pengumpulan data, Observasi langsung,
yaitu dengan cara mengumpulkan data yang dilakukan dengan pengamatan dan
pencatatan akan gejala-gejala yang tampak pada objek pengamatan yang tampak.
3.
Studi
pustaka, yaitu mengumpulkan data-data dari buku
pedoman yang nantinya akan dipergunakan sebagai landasan teori dalam
membandingkan antara keadaan ideal yang berada di dalam buku pedoman, dengan
keadaan di lapangan.
4.
Wawancara, yaitu
melakukan tanya jawab langsung dengan orang-orang yang terlibat dengan objek
pengamatan yang sedang dibahas.
1.5 Lokasi
dan waktu kegiatan
1.5.1 Lokasi penagamatan dilakukan ditempat yang
sama dengan tempat praktek kerja lapangan, yaitu di :
Nama Perusahaan : Radio Republik Indonesia
Alamat : Jalan Diponegoro No.61 Bandumg – 40010
Telepon/Fax : ………………………………...…………
E-mail : ……………………………………………
1.5.2 Waktu dan Kegiatan
Waktu kegiatan
dilakukan pada tanggal……………………………………………, 5 hari dalam seminggu dari hari senin
- jum’at, dan terkondisikan apabila ada waktu kerja tambahan.
0 komentar:
Posting Komentar