Personal

Rabu, 05 Desember 2012

( BAB I ) LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN IKLAN PROMO DJARUM SUPER



BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
Liga atau kompetisi sepakbola nasional Indonesia dapat dikatakan sebagai olahraga “mahal”. Tim-tim dalam Liga atau kompetisi sepakbola nasional Indonesia pada umumnya membutuhkan biaya yang besar dalam pengadaan, pengelolaan dan perawatan sarana dan prasarana yang terkait dengan tim tersebut. Selayaknya suatu instansi olahraga yang membutuhkan dana, masing-masing tim dari RRI tersebut harus dapat mengatur strategi untuk menyeleksi dan menentukan sponsorship, untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dari sponsor yang tersedia. sponsorship yang telah terpilih untuk bekerjasama dengan tim berhak untuk ditampilkan brand  atau icon sponsor tersebut pada iklan liga super siaran langsung Persib, dimana iklan radio tersebut memiliki ruang kosong untuk diisi dengan brand sponsor. Sponsor adalah dari bidang usaha dan mempunyai tawaran keuntungan.
Dalam dunia bisnis, setiap petarung bisnis pasti mengorientasikan bisnisnya untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dengan pengorbanan seminimal mungkin. Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin adalah dengan melakukan optimasi dalam pemilihan sponsorship
Periklanan juga adalah sebuah tahapan dalam mekanisme pemasaran, yang artinya periklanan dapat mengurusi sebuah produk ataupun jasa mulai dari branding, pengemasan, dan pendistribusian. Tanpa periklanan berbagai produk atau jasa tidak akan dapat mengalir secara lancer kepada distributor atau penjual, apalagi ke tangan konsumen. Dan badan yang mengelola mekanisme tersebut atau badan jasanya adalah sebuah biro iklan.
Djarum Super adalah produk yang tidak baru lagi yang dikeluarkan oleh PT. Djarum. Kategori produk ini adalah rokok kretek filter. Djarum Super dibuat dari paduan tembakau terbaik Jawa dan Madura, serta cengkeh berkualitas nomor wahid. Untuk menghasilkan rokok terbaik, Djarum memproses cengkeh dengan teknologi tinggi menjadi super fine clove. Artinya, cengkeh dirajang sedemikian rupa sampai sangat halus, sehingga memaksimalkan kenikmatan merokok. Di luar semua teknologi yang dipakai, para ahli menjamin kualitas rasa kretek filter yang sesungguhnya. Bermaksud mengingatkan (reminder advertising) kepada konsumen, dan merupakan produk yang sudah memasuki kedewasaan. Selain itu juga karena terciptanya tahap persaingan, untuk membangun preferensi pada merk tertentu atau merk lain.
Hampir sama penting dengan pembuatan rokok, Djarum Super mengemas bukanlah sekadar kemasan. Seperti pakaian yang tidak hanya berfungsi melindungi tubuh Anda, Djarum Super sangat menyadari arti penting desain sebuah kemasan. Dominasi merah dan hitam pada bungkus Djarum Super merepresentasikan karakteristik maskulinitas dan sporty pada diri konsumen.
Dengan maraknya dengan produk sejenis, baik itu competitor yang sifatnya langsung atau tidak lansung, membuat konsumen kurang selektif dalam memilih produk konsumsinya. Djarum Super tergolong pemain besar dalam industri rokok. Sebagai produk yang lumayan sudah cukup lama Djarum Super akan tetap mempertahankan dalam persaingannya  dengan kegiatan beriklan yang maksimal baik itu iklan above the line maupun below the line. Selain itu juga , untuk mendapatkan perhatian konsumen dari iklan-iklan competitor produk yang sama. Tetap dibutuhkan sebuah konsep komunikasi pemasaran/iklan yang kreatif, berbeda dan orisinil. Sehingga dapat timbil brand awareness. Yang positif pada konsumen dan sekaligus membantu meningkatkan jumlah penjualan dari produk.
Radio merupakan salah satu media komunikasi massa yang memegang peran penting. Radio menyampaikan pesan yang cepat dan akurat. Selain itu, radio bersifat personal sehingga setiap pesan dapat dimaknai secara unik, pribadi, customized. Dunia radio sendiri begitu dinamis. Walaupun banyak pihal yang sempat meramalkan ‘matinya radio’ karena tergantinya oleh televise, dalm perkembangannya radio membuktikan sendiri telah berhasil bertahan. Radio bahkan terus eksis, bertransformasi menjadi media yang semakin personal. Dan ini membuktikan kekuatan radio untuk mengikat khalayak dengan sentuhan emosional.
            Dalam situasi hidup kita media tidak hanya satu-dua buah, tapi ribuan jumlahnya. Dapat dikatakan, kita ini ‘dikepung’ media. Terdapat jenis media yang berbeda-beda untuk setiap indra yang dimiliki oleh setiap manusia. Radio adalah media yang menyampaika pesan yang menggunakan sarana audio yang melayani indra pendengar (telinga).
Salah satu keunikan dan kekuatan beriklan di radio adalah kemungkinan untuk melakukan pemutaran iklan sesering mungkin, sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa lebih cepat diserap oleh pendengar. Efek samping yang bisa ditimbulkan, adalah pendengar menjadi cepat bosan mendengarkan iklan yang itu-itu melulu. Karena biaya produksi sebuah iklan radio sangat rendah apalagi jika dibandingkan dengan biaya produksi iklan untuk televisi dan media cetak, tidak ada ruginya jika iklan radio yang frekuensi pemutarannya cukup tinggi atau periode penyiarannya cukup lama.
Radio RRI merupakan salah satu media komunikasi massa yang memegang peran dalam kegiatan Layanan dan Usaha. Kegiatan usaha di RRI adalah segala efektifitas untuk memperoleh pandapatan yang sah dengan prinsip saling menguntungkan. Selain itu, radio bersifat personal sehingga setiap pesan dapat dimaknai secara unik, pribadi, customized. Dunia radio sendiri begitu dinamis.
Walaupun banyak pihal yang sempat meramalkan ‘matinya radio’ karena tergantinya oleh televisi, dalm perkembangannya radio membuktikan sendiri telah berhasil bertahan. Radio bahkan terus eksis, bertransformasi menjadi media yang semakin personal. Dan ini membuktikan kekuatan radio untuk mengikat khalayak dengan sentuhan emosional.
Untuk mempertahankan hasil dari kegiatan promosi atau beriklan yang optimal Djarum Super tetap membutuhkan konsep pemasaran yang berkesinambungan, mulai dari banyaknya media yang dipakai berkomunikasi, sampai dengan hubungan masyarakat untuk menorganisasi acara.
Sebuah biro iklan berperan mempertemukan kepentingan pengiklan dengan media. Peranan biro iklan sebenarnya adalah membeli waktu atau ruang suatu media. Dengan demikian, suatu biro iklan berhubungan dengan pengiklan di satu pihak, dan satu atau beberapa media di pihak lain (Rhenald Kasali,2007 : 24).
Letak RRI dalam periklanan adalah sebagai stasiun yang berperan sebagai layanan dan usaha dan dan dapat dikatakan sebagai biro iklan dalam pengembangan usaha (business Development) siaran radio. Yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya tarik dan hasil usaha di bidang siaran sekaligus meningkatkan kerja sama dengan beberapa pihak.
Sehubungan dengan proposal kerja sama yang telah diajukan LPP RRI Bandung kepada Djarum Super dalam hal kerjasama telah diadakan breafing oleh Departemen Kreatif bahwa iklan ini akan menghasilkan benefit antara lain : Pertama,brand image pemasang iklan dikalangan pelaku bisnis akan meningkat, sehingga dapat mengambil keputusan bisnis di Jawa Barat. Kedua, membangun citra positif bagi pemasang iklan. Ketiga, akan lebih mendekatkan bagi pemasang iklan dengan pendengar atau masyarakat lebih khususnya bobotoh bola RRI Bandung. Dan yang keempat akan memberi tahap kelanjutan yang akan memberikan kontribusi positif yang besar bagi pemasang iklan. Hal itu telah dipertimbangkan dengan produk Djarum Super sesuai dengan kemasan dominasi merah dan hitam pada bungkus Djarum Super merepresentasikan karakteristik maskulinitas dan sporty pada diri konsumen yang cocok penempatannya untuk disiarkan sebagai sponsor pada acara Liga Super.
Mekanisme kerja di departemen kreatif berawal dari marketing brief yang diajukan oleh client service / account executive yang sekaligus memberikan data, informasi atau riset tentang produk dari klien yang akan diiklankan, akan tetapi terkadang departemen kreatifpun melakukan riset sederhana. Untuk mendapatkan hasil yang akurat agar iklan yang dibuat nanti benar-benar dapat tepat sasaran. Lalu diadakan sebuah meeting team untuk membahas lalu memahami maksud isi dari creative brief  tersebut, dan sampai pada tahapan brainstorming untuk mengambil sebuah konsep dasar ide untuk iklannya (root). Setelah itu lewat pendistribusian kerja pada departemen kreatif dicarikanlah sebuah konsep audio oleh Art Director dan kata atau bahasa pesan oleh copywriter, yang berdasarkan roots sebelumnya, sampai tahapan persetujuan dari Art Director lalu dibawa sebagai bahan untuk materi persentasi pada saat evaluasi dengan klien.
Berdasarkan pemaparan diatas, serta pengalaman didapat selama PKL sebagai Junior Copywriter, saya tertarik untuk menganalisa bagaimana departemen kreatif dalam memproduksi iklan bekerja. Proses penggarapan mulai dari pra hingga pasca produksi sebuah iklan di LPP RRI Bandung. Oleh karena itu saya mengambil judul untuk Laporan Tugas Akhir saya adalah “Pembuatan Iklan Promo Djarum Super Versi “ Siaran Langsung Pertandingan Persib di RRI Bandung”.
1.2              Tujuan Studi
Berikut ini merupakan tujuan studi yang di lakukan adalah sebagai berikut:
1.                Untuk mengetahui tahap pra produksi Kreatif Pembuatan Iklan Promo Djarum Super Versi “ Siaran Langsung Pertandingan Persib di RRI Bandung.;
2.                Untuk mengetahui tahap produksi Kreatif Pembuatan Iklan Promo Djarum Super Versi “ Siaran Langsung Pertandingan Persib di RRI Bandung.
3.                Untuk mengetahui tahap pasca produksi Kreatif Pembuatan Iklan Promo Djarum Super Versi “ Siaran Langsung Pertandingan Persib di RRI Bandung.
1.3              Kegunaan Pengamatan
1.3.1    Secara Teoritis
Secara teoritis hasil dari praktek lapangan di harapkan dapat berguna bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya sebagai pengetahuan.
1.3.2                              Secara praktis
Secara praktis diharapkan bias memberikan bahan pertimbangan, pengembangan serta evaluasi mekanisme kreatif pembuatan iklan promo Iklan Djarum Super Versi “Siaran Langsung Persib”. Serta memberikan wawasan bagi pembaca.

1.4       Metode pendekatan dan teknik pengumpulan data
Berikut ini adalah metoda-metoda dan teknik pengumpulan data
1.                  Metode Pendekatan, Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode yang menitik beratkan kepada observasi dan suasana ilmiah ( naturalis setting ). Peneliti bertindak sebagai pengamat, mengamati gejala yang ada pada proses Produksi Iklan Djarum Super versi “Siaran Langsung Persib”.
2.                  Teknik Observasi pengumpulan data, Observasi langsung, yaitu dengan cara mengumpulkan data yang dilakukan dengan pengamatan dan pencatatan akan gejala-gejala yang tampak pada objek pengamatan yang tampak.
3.                  Studi pustaka, yaitu mengumpulkan data-data dari buku pedoman yang nantinya akan dipergunakan sebagai landasan teori dalam membandingkan antara keadaan ideal yang berada di dalam buku pedoman, dengan keadaan di lapangan.
4.                  Wawancara, yaitu melakukan tanya jawab langsung dengan orang-orang yang terlibat dengan objek pengamatan yang sedang dibahas.

1.5       Lokasi dan waktu kegiatan
1.5.1    Lokasi penagamatan dilakukan ditempat yang sama dengan tempat praktek kerja lapangan, yaitu di :
Nama Perusahaan        : Radio Republik Indonesia
Alamat                         : Jalan Diponegoro No.61 Bandumg – 40010
Telepon/Fax                : ………………………………...…………
E-mail                         : ……………………………………………
1.5.2    Waktu dan Kegiatan
Waktu kegiatan dilakukan pada tanggal……………………………………………, 5 hari dalam seminggu dari hari senin - jum’at, dan terkondisikan apabila ada waktu kerja tambahan.

0 komentar: